Perihal

Di sini Leukosit menjadi akronim dari Lembar Umum Konsultasi  Sehat.  Lembaran ini hadir untuk berbagi cerita, berita dan apapun seputar masalah kesehatan tubuh kita. Kiranya dapat memberi kontribusi yang bermanfaat untuk semua.

Di  Leukosit ini ditampilkan sejumlah tulisan yang bersifat ilmiah populer . Tulisan-tulisan ini bukan untuk dijadikan sebagai bahan referensial akademik tetapi semata-mata sebagai informasi guna pencerahan dalam masalah-masalah kesehatan.

Pelacakan topik dan tulisan dapat melalui pendekatan “Kategori”, yaitu :

  1. Infeksi : membahas tentang keadaan yang berhubungan dengan infeksi mikroorganisme baik bakteri, virus, parasit dan juga berhubungan dengan keadaan yang menyertai infeksi seperti peradangan.
  2.  Klinis: membahas tentang penanganan masalah-masalah kesehatan secara sederhana di seputar kita atau pertolongan pertama sebelum diantar ke pusat layanan medis, selain itu membahas pula keadaan umum yang sering dikeluhkan.
  3. Kongenital : membahas tentang istilah yang berhubungan dengan kelainan bawaan.
  4. Trauma : membahas tentang keadaan akibat paparan yang menimbulkan cedera/ rudapaksa.
  5. Anak : segala yang berhubungan dengan kesehatan Anak
  6. Degeneratif : berhubungan dengan kondisi tubuh yang dipengaruhi faktor kemunduran atau usia (senilis).

Silahkan menjelajahi Webblog ini dimulai dari meng-klik arsip maupun kategori dan nikmati diskusi ringan yang sarat nilai bersama Leukosit.

Leukosit akan senantiasa berusaha menambah tulisan-tulisan serta mengembangkan kategori yang ada, demi pengayaan informasi baik untuk para surfer maupun untuk admin sendiri.

Salam,

Leukosit

77 responses to “Perihal

  1. Disebut demam jika suhu > 38 C, jika telah diberi obat penurun panas lebih 3 hari maka sebaiknya cek darah. Lekosit 15.100 menunjukkan ada kenaikan dan hal ini bisa menandakan aktifitas bakteri yang meningkat. Dokter biasanya akan memberi antibiotika bersama dengan penurun panas, apalagi jika demamnya sudah lebih 4 hari. Kalau disebut radang, ya pasti radang sebab sudah ada panasnya. Mengapa tidak batuk atau diare? Sebab mungkin radangnya bukan di paru atau di usus besar. Semoga cepat sembuh.

  2. nadia

    Saya mau tanya dokter, anak saya alifa 9 bln, sdh 5hr ini panasnya naik turun, jika suhunya tinggi bs mencapai 38. Dan kemarin cek laborat nilai leukositnya 15.100… kata dokter anak,anak saya terkena radang. Namun sedangkan anak saya tidak batuk atau diare. Kira2 anak saya kenapa ya dok, kog suhunya naik trun dan hsl leukositnya tinggi…?tidak ada tanda2 lain selain demam

  3. Maaf dokter. saya mempunyai anak perempuan umur 3 tahun 2 bulan dengan jumlah lekosit 20.000.- yang menjadi keluhan : sesak nafas, batuk dan pilek. menurut salah satu doker anaksaya terserang asma dan sepsis. bagaimana menurut pendapat dokter??? dan bagaimana solusinya

    • Penegakan diagnosis selalu didahului dengan riwayat keluhan fisik lalu ditunjang dengan pemeriksaan lab atau penunjang lainnya. Keluhan anak adalah sesak, batuk dan pilek — ini masih sangat umum, sebab bisa alergi, infeksi virus ataupun bakteri. Oleh sebab itu dilakukan pemeriksaan penunjang yang hasilnya menunjukkan peningkatan leukosit di atas batas normal. Hal ini mengindikasikan adanya aktifitas bakteri (sepsis) dalam tubuh anak yang bisa menyebabkan anak batuk dll. Sesak juga ada jenisnya, apakah disertai bunyi mengi atau bunyi basah.
      Dokter keluarga umumnya akan memberi terapi antibiotik selain obat-obat simptomatik lain (untuk batuk pilek). semoga bermanfaat.

  4. uut

    bagaimana jumlah leukosit pada bayi baru lahir???

  5. Mlm dok anak saya usia 14 bulan panas sdh 7 hari awal batuk pilek sel darah putih 12500 katanya terinfeksi virus,,bahaya ndak dok,,ini masih terapi antibiotik

  6. Rustam

    Dear dokter
    Maaf dok sy mau tanya, bayi sy baru lahir tgl 17-maret 2014 jam 10 pagi saat dgn SC, saat sblm operasi ternyata leukosit ibu tinggi dan akhirnya dilakukan pemeriksaan darah ( marker ….) ditemukan leukosit bayi mencapai 52.000 dan diharuskan dipindahkan ke ruang perina, yg mau sy tanyakan apa kemungkinan penyebab leukosit tinggi pd anak sy dok? terimakasih

  7. tika

    Selamat malam dok, anak saya usia 1th 17hari, tgl 24feb panas smpai dgn tgl 27feb panasnya mencapai 39,4, tgl 27feb dicek darah, hasilnya hemoglobin 8,6 g/dl
    Eritrosit 4,88 jt/ul
    Hematrokit 30,0 %
    Lekosit 26.000 /mm3
    Trombosit 594.000 /mm3
    MCV 61,00 ft
    MCH 18,00
    MCHC 29,00 %
    LED 11 mm/jam
    Yg mau sy tanyakan adalah, apa penyebab lekosit dan trombosit anak sy bgtu tinggi?
    Apakah anak sy terkena leukimia atau cumgejala infeksi bakteri saja?
    Dokter anaknya menyarankan utk di opname guna mengontrol lekositnya, tapi saya coba dulu dgn memberikan antibiotik dari dr anaknya. Apakah tdk masalah kalo tdk diopname? Mohon penjelasan dari dokter. Terima kasih sebelumnya.a

    • Amran

      Perlu dipahami lebih dulu bahwa pengobatan didasarkan terutama atas keluhan fisik (seperti demam, batuk, muntah dll) ditunjang hasil pemeriksaan penunjang. Rawat inap mutlak dilakukan pada pasien penurunan kesadaran, intake oral terganggu, gangguan saluran cerna massif, perdarahan dll. Selain itu Rawat inap juga bertujuan untuk perbaikan keadaan umum, dokter mendengar keluhan fisik lalu melihat keadaan fisik anak (langsung atau dengan bantuan alat seperti senter, stateskop dll) pada saat diperiksa dan itulah dijadikan pertimbangan untuk perlu dirawat atau tidak. Selain perbaikan keadaan umum rawat inap juga bertujuan untuk observasi lanjut, melihat hasil laboratorium lanjutan sebagai pembanding atau tambahan jika dibutuhkan.
      Leukosit bisa umumnya meningkat ringan pada keadaan dehidrasi, keletihan dan radang ringan. Tapi bisa lebih tinggi jika disertai infeksi bakteri. Kenaikan sangat tinggi (> 4-5 kali) dicurigai sebagai gangguan sistem produksi darah, salah satunya Leukemia.
      Leukemia tidak bisa secara serta merta ditegakkan hanya dengan satu kali pemeriksaan saja. Bisa juga baca tulisan tentang Leukosit di laman ini. Semoga mencerahkan.

  8. andy kurniawan

    dok..anak saya berumur 5 tahun 8 bulan. sekitar 2 minggu yang lalu dirawat di RS akibat leukosit mencapai 25800.. duagnosa terkena infeksi bakteri dan MUMPS.. akhirnya setelah dirawat leukosit normal. namun sekarang sering mengeluh telapak dan paha sebelah kiri terasa sakit / linu.. kulit pada tangan dan kaki terkelupas.. kira2 kenapa ya dok. terimakasih

  9. Ratty

    sore dok.,,. saya mau nanya, kalo demam akibat types itu leukosit dan trombositnya gimana naik atau turun? kalo leukositnya tinggi bagaimana dengan trombositnya? thanks,. :)

  10. hariyanti

    Mau nanya dong dok….

    Saya ingin minta tolong nih gan tentang kondisi yg di alami ibu saya

    Seminggu yg lalu ibu saya menjalani operasi bedah pengangkatan batu ginjal dan berhasil mengangkat 1batu ginjal ukuran 2.8cm dan sekitar 20 batu ukuran kecil

    seminggu pasca operasi kondisi ibu saya baik dan bagus dan saat ini sedang melakukan latihan duduk….tetapi setelah mencoba duduk sebentar badan ibu saya langsung panas tinggi dan menggigil….

    sampai saat ini ibu saya belum bisa berdiri karena untuk duduk agak lama saja badan ibu saya langsung demam…

    kira kira apa yg terjadi dengan ibu saya ya dok
    ini hasil pemeriksaan darah terakhir
    hematrokit 10
    leukosit 15000
    trobosit 553
    atas bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih

  11. Fajar

    Selamat malam dok
    Jasmine 15 bulan dirawat di nicu diagnose pnemonia hari pertama cek leukosit 32 rb kemudian diberi gamaaras 3 hari @ 2 botol per hari hari ke 5 cek leukosit 19rb ganti antibiotik ke yg bukan paten namun hari ke 6 cek kembali naik menjadi 29rb nah hari ke 7 cek leukosit hasilnya 42rb itu kenapa ya dok? Sebagai informasi tambahan anak saya cp celebral palsy, terimakasih atas perhatiannya

    • Amran

      Ikut prihatin dengan kondisi anak Bapak yang harus dirawat di NICU. Bayi dirawat di NICU karena secara fisik ditemukan tanda-tanda klinis yang membahayakan secara langsung, sehingga butuh pengawasan yang intensif. Pada kasus pneumonia kondisi pasien disertai sesak napas dan hal inilah yang menjadi pertimbangan karena tingginya resiko gagal napas dan dehidrasi pada penyakit yang menyerang jaringan paru ini.
      Pengamatan terhadap pasien yang paling utama tentunya adalah tanda-tanda vital dan keadaan klinisnya. Apakah sesak, bunyi paru dan tanda dehidrasi berkurang atau bertambah? Pemeriksaan lab merupakan penunjang dari fisik tadi. Bisa saja kondisi fisik membaik tapi lab masih belum, atau sebaliknya fisis masih jelek tapi nilai lab normal. Nah tentunya yang utama adalah kondisi fisik,karena fisik yang mengalami sakit.
      Nilai laboratorium bisa naik atau turun bukan dipengaruhi oleh 1 faktor saja. Lekosit yang meninggi dalam masa pengobatan bisa juga menunjukkan bahwa sistem tubuh berespon dengan baik. Makanya evaluasi utamanya adalah keadaan klinisnya.
      Mengenai pemilihan obat antara obat bermerek dan tidak bermerek proses kerjanya dalam tubuh adalah sama, karena yang penting adalah kandungan obat tersebut (generiknya) harus sesuai dengan peruntukan.

  12. Septi Maryani

    Begini Dok.
    anak saya 2,5 tahun. 2minggu yang lalu diare parah dan lekosit 20.000, sempat mondok di rs 2hari. namun terpaksa saya bawa pulang atas permintaan sendiri karena saya sendiri juga tertular diare. setelahnya saya kontrolkan lg anak sy, diberi obat antibiotik 2botol karena suntikan antibiotik pas d rs belum selesai. obat antibiotik sudah d habiskan, sekarang anak saya belum saya beri susu dan makanan2 yang bisa menyebabkan diare atopun mual. tapi anak saya sekarang terlihat lemas, tidak suka beraktivitas di luar rumah, dan gampang terserang flu, serta masih sensitif dengan banyak jenis makanan dengan efek mual ato juga diare.
    Yang saya takutkan, apakah lemasnya anak saya itu karena lekosit masih tinggi?
    karena sepengetahuan saya jika lekosit tinggi mencapai 40.000, itu artinya mengidap leukimia.
    mohon segera jawabannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    • Amran

      Lemas pada diare merupakan gejala awal dehidrasi, tujuan pemberian cairan baik oral maupun infus adalah untuk mengganti cairan yang keluar saat BAB dan muntah. Jika sudah tidak diare dan muntah lagi tapi masih lemas berarti masih kekurangan cairan dan dalam fase penyembuhan. Lanjutkan terus asupan cairan baik air putih, teh, kaldu maupun sirup buah.
      Leukemia tidak semudah itu didiagnosa, kenaikan leukosit sampai 20 kali nilai normal tetap membutuhkan beberapa kali pemeriksaan sampai bisa ditegakkan diagnosa pasti. Semoga mencerahkan.

  13. arif

    Malam dok..
    Mau tanya, anak saya umur 6,5th sudah 3 hr dr tgl 4/11/13 demamnya turun naik, tertinggi sd 38′C, ditambah mual dan ada muntah.Sy sudah periksakan ke dr. Karena sblmnya kuatir demam dengue(hsl browsing), atas petunjuk dr, dilakukan pemeriksaan lab(darah) Oleh dr tsb. Diberi obat anti biotik,ANTI VIRUS, obat untuk pencernaan,dan paracetamol.
    Tp sy jd kuatir, karena sekarang ada darah dari hidung/ingus+kata dokter teman istri sy penyebabnya bukan karena virus, tp bakteri.
    Adapun hsl lab sbb:
    Hemoglobin 12.6 g/dl
    Jml lekosit 21.07 ribu/ ul
    Basofil 0.0%
    Eosinofil 0.0%
    Batang 0.0%
    Segmen 73.0%
    Limfosit 14.0%
    Monosit 13%
    Laju endap darah 99.0 mm/jam
    Hematokrit 36.20%
    Trombosit 374 ribu/ul
    Mohon pencerahan tentang seberapa serius kondisi atas anak sy tsb.
    Terima kasih dan maaf mengganggu waktunya.

    • Amran

      Demam kurang dari 5 hari harus tetap dicurigai sebagai demam dengue. Yang ditakutkan dari demam ini adalah penurunan trombosit yang bisa menyebabkan perdarahan yang pada akhirnya menaikkan kekentalan darah dan berujung pada shock. Cek lab pada hari-hari pertama demam kadang-kadang masih menunjukkan nilai normal, sebab kalaupun ada penurunan trombosit nilainya turun tapi masih dalam batas normal (>150 ribu).
      Epitaksis atau mimisan bisa menyertai demam dengue akibat penurunan trombosit itu, dan ini sudah menunjukkan DHF grade II-III apalagi jika sudah disertai dengan tanda-tanda shock. Masalahnya tanpa melihat pasien (fisis diagnostik) maka sulit memastikan apakah mimisan ini akibat DHF atau karena hiperpireksia saja yang memang seringkali diikuti dengan mimisan.
      Sampai sekarang belum ada obat antivirus yang digunakan secara jamak. Antibiotik dipakai untuk mengobati infeksi bakteri.

  14. yulia

    mlm dok, saya mau tanya di luar dari leukosit
    saya sudah hampir satu bulan ini mengalami buang air besar berdarah, tp saya tidak merasa itu ambeien, saya juga sering merasa tidak nyaman di bagian perut, hemoglobin saya juga turun dok.
    tindakan apa yg harus saya ambil dok ?
    dan pemeriksaan apa yg harus saya jalani dok?
    trimakasih

    • Amran

      Ada 2 jenis pendarahan per anus, darah berwarna hitam menyerupai kopi berasal dari saluran cerna atas (utamanya lambung) dimana reaksi dengan asam lambung menghasilkan warna cokelat kehitaman. Jika darahnya warna merah maka berasal dari saluran cerna bawah. Saluran cerna bawah bisa mengalami pendarahan bisa berasal dari polip usus yang sobek hal ini bisa disertai ketidaknyamanan perut baik kembung, mules-ringan sampai berat atau perubahan pola buang air besar, konsistensi feses baik keras maupun cair dan bahkan bisa sembelit. Bisa juga perdarahan karena infeksi usus dari kuman dimana keadaan ini menyertai diare. Pendarahan lain berasal dari hemorroid (wasir/ambeien), hemorroid sendiri ada 2 tipe, hemorroid externa yang ditandai dengan benjolan di mulut anus dan hemorroid interna yang berada di belakang pintu anus.
      Sayangnya tidak ditulis penurunan Hbnya dari angka berapa. Saya sarankan untuk bertemu dokter penyakit dalam kalau bisa yang konsultan saluran cerna (SpPD-KGEH). Pemeriksaan penunjang bisa dilakukan mulai dari USG Abdomen sampai kolonoskopi/endoskopi.

  15. Asra

    Terima kash pencerahannya dok. rasanya tdk kesemutan, tp dingin menyengat dr dlm (tulang), kulit agak lembab. BAB cair (lembek) kdg2 ampasan dan berwarn agk hitam. ini hasil lengkap pemeriksaan lab darah saya dok.(Asra/33th):
    Hemoglobin 14.5*
    Hematokrit 45*
    Lekosit 10200
    Trombosit 355000
    Hitungan jenis:
    - Bas 0
    - Eos 2
    - N.Btang 1
    - N.Segmen 42
    - Lympo 48*
    - Mono 7
    - LED 10/25*
    Malaria : Tidak ditemukan
    SGOT 30
    SGPT 28
    mhn pencerahannya kembali. trims

    • Amran

      Kalo berdasarkan simptomatik, keluhan tulang tersebut masih sangat luas untuk ditarik sebuah diagnosa. Keluhan lain seperti di saluran cerna bisa memiliki hubungan tapi bisa juga sebagai efek samping obat, atau bisa juga merupakan keluhan lain yang berdiri sendiri-sendiri. Hasil laboratorium sendiri masih dalam batas aman, apalagi pemeriksaan laboratorium tersebut masih sangat dasar, sifatnya skreening saja. Sekali lagi saya sarankan untuk bertemu dokter spesialis, bisa penyakit dalam bisa juga saraf untuk masalah vertigonya.

  16. Asra

    Haloo Dok. Saya sudah hampir 2 bulan (04sept13 s/d skrg) menderita badan terasa dingin2 menyengat terutama di kaki kiri dan tangan kiri. kepala terasa sering pusing (lingkungan sprti berputar2). perut terasa penuh. jk kambuh, nafas agak kesulitan. leukosit 11.000 sempat diopname 3 hr. kt dokter ada infeksi, tapi belum tahu dri mn. tadi kmbli dicek dr hsl labor leukosit 10200, N.Batang 1, N. Segmen 42, limfosit 48. kira2 apa penyebabnya dok? bagaimn pengobatannya? terimaksh

    • Amran

      Kalo gejala subjektif yang dirasakan adalah perasaan dingin baik di tangan dan tangan, mungkinkah kayak kesemutan? Selain itu bisa disertai perasaan pusing berputar, ini dikenal dengan nama vertigo. Tekanan darahnya berapa? Lalu nilai lab lainnya terutama Hb berapa, mungkinkah anemia?

      Tapi kenaikan leukosit 11000 atau 10200 tidak terlalu signifikan, dehidrasi ringan juga bisa menyebabkan kenaikan tersebut. Sekedar saran kamu perlu berkonsultasi dengan dokter neurologi (spesialis saraf) untuk keluhan tadi. Semoga mencerahkan.

      • Asra

        Terima kash pencerahannya dok. ini hasil lengkap pemeriksaan lab darah saya dok.(Asra/33th):
        Hemoglobin 14.5*
        Hematokrit 45*
        Lekosit 10200
        Trombosit 355000
        Hitungan jenis:
        - Bas 0
        - Eos 2
        - N.Btang 1
        - N.Segmen 42
        - Lympo 48*
        - Mono 7
        - LED 10/25*
        Malaria : Tidak ditemukan
        SGOT 30
        SGPT 28
        mhn pencerahannya kembali. trims

  17. suci

    Dok, saya mempunyai bayi yg berumur 10 hari, bayi saya mengalami pilek n’ nafasnya cepat sekali. Dan setelah diperiksa oleh dokter specialis anak, bayi saya terkena infeksi ϑĩ pernapasannya, jumlah leukosit mencapai 13.000. Apakah bahaya dok? Dan apakah itu bisa terkena leukimia dok? Serta cara perawatannya bagaimana? Mohon saran dan masukannya.. Terima kasih.

    • Frekuensi napas bayi lebih tinggi dibanding orang dewasa, jika ada keluhan pilek biasanya dokter hanya memberi obat simptomatik saja sesuai gejala yang ada. Kenaikan leukosit seperti yang disebutkan masih dalam batas ringan belum bisa dimuati fiksi sebagai leukemia, dokter anak umumnya memberi tambahan antibiotika apabila panas masih berlanjut sampai 3 hari serta didukung cek leukosit ulang. Tidak perlu cemas dan ikuti saja saran dokter keluarga/ anak Anda. Semoga cepat sehat.

  18. Rey

    Dok, adik saya perempuan, 16 tahun, minggu lalu alergi (pertama dikira karena makan ikan), sudah ke dokter, dikasi minum obat alergi, tapi demamnya ga turun, terus ke dokter lagi karena kulitnya yg muncul ruam merah alergi sampe kayak ganti kulit parah gitu. Katanya alergi hand body atau sejenisnya yg mengandung pemutih, langsung ngeh kalo bukan lotion sebabnya, tapi salah satu sabun yg memang baru dipakai oleh satu keluarga. Sabun yg katanya bisa memutihkan, sabun umum pasaran ber BPOM.
    Nah, udah tidak pake itu, tapi tetap demam kambuhan dan ruam kulit makin meluas dimulai dari kaki, menghitam, memerah dan menebal, lalu mengelupas kulit luarnya.. Kemaren opname, dan dicek kadar leukosit 30 ribuan.
    Kata dokter penyakit dalam yg menangani, itu bisa naik leukosot salah satunya karena alergi hebat dan obat alerginya, bisa juga ada infeksi? Apa benar?
    Apa ada alergi separah itu cuma gara-gara salah pakai sabun dok? Saya ngeri liatnya, apalagi kadar leukositnya tinggi sekali.
    Untuk alergi, apa itu masuk ke eksim ya dok?
    Terima kasih jawabannya

    • Jangan salah persepsi dengan istilah alergi. Sebagian besar orang mengasosiakan alergi dengan reaksi kulit akibat tidak cocok dengan satu zat dan bermanifestasi klinis sebagai gatal-gatal dan atau kemerahan. Padahal alergi sendiri merupakan reaksi tubuh yang melibatkan sistem pertahanan (imun) guna menolak zat yang bersifat alergen tadi. Alergi terjadi dengan onset cepat, durasi kejadian yang lama, sifatnya sistemik (luas) dan berpotensi menyebabkan kematian, sebagai contoh alergi obat.

      Jika ada kontak dengan suatu zat dan menimbulkan kelainan lokal saja dimana kontak itu terjadi, lalu ketika kontaknya dihentikan reaksi kelainan ya langsung berkurang atau hilang sama sekali maka hal tersebut bukanlah alergi terapi iritasi.

  19. budi

    dok ibu saya mengalami infeksi di saluran empedu nilai leukositx semula 20rb lalu skrngtjd 18,apakah nilai 18 it berbaya bg ibu sy dok.tetapi sudah dikasih obt infksi br di minum 2 hr,tetapi sekarang masih demam terus kepalax msh sakit.

    • @Budi: infeksi saluran empedu tidak cukup ditegakkan hanya dengan nilai Lekosit yang tinggi, perlu tambahan pemeriksaan lab lain dan lebih mendukung lagi jika ada konfirmasi pemeriksaan ultrasonografi (USG). Gangguan empedu bisa ditandai dengan keluhan nyeri perut atas yang tembus ke punggung. Peradangan empedu sendiri umumnya disertai dengan batu empedu yang menjadi penyebab nyeri. Peradangan akibat batu ini akan kambuhan atau bahkan menetap selama batunya tidak dikeluarkan. Peradangan akan memunculkan gejala klinis demam selain nyeri tadi.
      Nilai normal Lekosit adalah 4000-10000. Dengan angka 18000 kita tidak bisa menyimpulkan bahaya atau tidak sebab semuanya harus berdasarkan tanda klinis pasiennya, selain itu angka 18000 tersebut sudah lebih rendah dibanding angka 24000 saat belum mengkonsumsi obat (antibiotik) padahal obatnya baru diminum 2 hari.

  20. tri nivianto

    Dok,saya mau tanya tentang bayi saya yg baru lahir tanggal 16oktober 2013..
    Istri saya pada waktu hamil 8bulan di vonis kena pengapuran plasenta n hasil lab menyatakan bahwa leukosit istri saya 19.000upl terjadi infeksi saluran kencing n pada menginjak bulan ke 9 pengapurannya menyebar banyak.
    Saran dokter disuruh cek jantung anak n ibu,semua normal bagus dan masih bukaan 1..Istri saya disuruh kontrol lg 1minggu kemudian(14-10-2013) tapi langsung disuruh ngamar karena dokter tidak mau kejadian bayi meninggal didalam kandungan yang dikarenakan pengapuran plasenta tsb..
    Senin sore tgl 14 oktober 2013 istri dikasih induksi dan dilab lg leukosit istri saya turun 17.500upl sama dokter (pada waktu itu masih bukaan 2) tetapi slm1hari 2mlm diinduksi trus masih bukaan 4 aja dan akhirnya kita memutuskan untuk dicaesar karena istri saya tidak kuat sama induksi..
    Setelah istri saya melahirkan rabu malam n keesokan harinya anak kami mengalami diare n panas.Saran dokter anak,bayi kami dilab n hasilnya cukup mencengangkan karena leukositnya mencapai 24.000upl..sampai hari sabtu ini bayi kami masih panasnya naik turun sekitar 36,70 – 37,80, diarenya juga naik turun dari cair – ampas, BB jg turun dari 3,500kg susut menjadi 3,290kg dok..
    Yang saya tanyakan,kenapa bisa anak kami mengalami leukosit dan apa bisa turun cepat ya dok?
    terima kasih

    • @Tri Nivianto: turut berempati dengan keadaan istri dan bayi bapak. Tapi sebelum kita berdiskusi lebih jauh, tanpa mengurangi rasa hormat saya mengajak bapak untuk membaca tulisan dengan judul Lekosit serta pembahasan komentar-komentarnya, silahkan klik beranda atau arsip tulisan untuk lebih mudahnya. Setelah itu jika masih ada yang kurang bisa disampaikan lebih detil. Salam hangat.

  21. johan

    Terina kasih adanya web ini dok
    Saya mau tanya anak saya bayi baru lahir terjadiinfeksi yng menybabkan klbihan lukosit
    Infeksi ini karena apa dok?
    Apakah dampak dari klbihan leukosit ini?
    Bgaima treatment pengobatannya?
    Terima kasih banyak

    • Salam Pak Johan, senang sekali jika kita memiliki bayi. Keluhan yang disampaikan masih sangat minim, kurang lengkap karena bayi baru lahir (neonatus atau Newton) itu umurnya sampai 30 hari ada juga yang menyebut 40 hari. Saya kurang jelas bayi Pak Johan apakah benar-benar baru 0 hari sampai beberapa jam? Lalu informasi utama tentu yang sangat penting dalam hal ini keluhan klinis, misalnya demam, kejang, sesak napas, biru (sianosis), kuning (ikterus). Riwayat persalinan apakah adanya gawat janin, ketuban pecah Dini, persalinan lama dll. Sebab pemeriksaan dan interpretasi lab bukan nomor satu tapi selalu didasarkan pada keadaan klinis tersebut.
      Berikutnya harus juga dicantumkan berapa nilai hasil pemeriksaan lab itu sendiri. Pak Johan menulis bahwa anaknya terkena infeksi, nah dari mana informasi ini diterima? Apakah dari dokternya langsung atau dari referensi lain?
      Terakhir adalah pemeriksaan leukosit merupakan bagian dari paket pemeriksaan unsur darah selain Hb, Trombosit dan Hematokrit. Paket ini merupakan pemeriksaan yang bersifat skreening atau penapisan, tidak spesifik menunjukkan jenis infeksi kuman apa dan berada di organ mana. Dari situ dokter bisa menentukan tatalaksana mulai dari pemeriksaan lanjutan sampai ke pemilihan obatnya. Semoga mencerahkan. Salam.

  22. okiparmioss

    Siang dok..saya mau konsul semalam saya cek darah ternyata leukosit saya 14.000 bisa menandakan infeksi apa dok..? Tiap malam saya mengigil..setelah saya cek di puskesmas saya diberi antibiotik.tapu malam nya jam 4.30 saya mengigil lagi dok.? Jadi menurut dok bagaimana dgn penyakit saya.trma ksh

    • Pemeriksaan leukosit adalah salah satu pemeriksaan penunjang yang bersifat skreening, semua pemeriksaan penunjang baik lab, rontgen dan lain-lain dilakukan berdasarkan keluhan klinis yang dirasakan oleh seseorang. Umumnya keluhan adalah demam, tapi demam harus ditegakkan secara objektif dengan bantuan termometer (>38C) bukan berdasarkan sentuhan kulit apalagi sekedar apa yang dirasakan oleh pasien.
      Oleh karena cek leukosit adalah bersifat skreening maka hasilnya tidak menggambarkan suatu keadaan yang spesifik. Untuk mengetahui jenis infeksi dari kuman apa, maka perlu pemeriksaan lanjutan berupa tes kultur dimana cek ini lebih mahal dibanding pemeriksaan skreening.
      Keadaan yang Anda ceritakan masih sangat minim informasi, tidak disertai juga dengan pemeriksaan fisik, selain itu konsumsi antibiotik baru dijalani sehari. Saran saya habiskan antibiotik sesuai aturan minimal 5 hari baru dievaluasi kembali keadaan klinis. Semoga mencerahkan.

  23. Tita

    siang dok,
    dok sy mau konsul,kl leukosit anak lebih dari 20rb bisa menandakan infeksi bakteri?apakah infeksi viral bisa menyebabkan leukosit setinggi itu?Terimakasih dok

  24. khairully

    Pagi dok saya mau tanya, kemarin anak saya demam dan setelah dicek darah hari pertama jumlah leukositnya 10.400 apakah berbahaya dok. sampai hari ketiga juga panasnya masih naik turun…

    • Semua kenaikan suhu tubuh pasti beresiko apalagi jika sudah ditunjang dengan pemeriksaan penunjang seperti darah lab. Hasil lab juga tidak bisa item per item tapi harus diperhatikan item pemeriksaan lain. Dokter selalu mengobati fisik pasien bukan mengobati hasil labnya, yang utama adalah kondisi fisik. Cobalah konsumsi obat penurun panas sesuai petunjuk dan jika sakitnya berlanjut 3 hari konsultasikan dengan dokter praktik. Semoga mencerahkan.

  25. Asti Krismardiyanti

    Pagi dok, semalam saya ke dokter orthopedic krn punya keluhan sudah 2 hari kaki bengkak di bawah lutut. Awal bengkak itu terjadi : kira2 sebulan yg lalu saya terjatuh dg posisi seperti berlutut, akibatnya kaki kiri saya sakit ketika posisi duduk saat shalat, 3 hari lalu saya pikir krn sudah lama mungkin sakitnya hilang, jd saya paksakan posisi berlutut, tau2 bsk paginya bengkak. Selain di rontgen, saya di cek darah jg hasilnya leukosit 10200, trombosit 314000, hemoglobin 11,5, hematokrit 35,2. Dokternya lgsg menyarankan saya di opname dg alasan sudah ada infeksi, dikuatirkan akan ada pembusukan kalau dibiarkan dan akan menyerang pembuluh darah. Krn pertimbangan saya menyusui, jd saya menolak di opname di RS tsb krn jauh dg rumah, saya bersedia opname tp di RS dekat rumah, setelah itu dokternya bersikap seperti kurang ramah. Yg saya mau tanyakan, apakah benar2 tidak bisa dilakukan rawat jalan? Ataukah sedarurat itu keadaan saya? Trimakasih

    • Salam bu Asti, beberapa kriteria untuk rawat inap antara lain jika ada tanda-tanda kegawatdaruratan seperti gangguan kesadaran, tidak normalnya tanda-tanda vital (tensi, nadi, pernapasan) yang mengancam, terlihat gejala syok, intake kurang (muntah dsb), dehidrasi. Kondisi lain apabila ditemukan penyakit yang sangat menular dengan klinis serangan akut sehingga membutuhkan perawatan isolasi.
      Umumnya dokter menyusun alur tatalaksana pasien dengan SOAP (subjektif, objektif, asessment dan plan/program). Kembali ke keluhan ibu, untuk saat ini sulit bagi saya menilai kondisi klinis tanpa melihat secara langsung. Tentunya harus sinkron antara keluhan subjektif (yang dirasakan pasien) dengan tanda objektif (yang dilihat/ ditemukan oleh pemeriksa) sebelum menilai ke arah mana diagnosa dan apa plan atau rencana pengobatannya. Menurut saya hasil lab rutin yang ibu sampaikan masih dalam batas-batas yang aman, ada kenaikan leukosit tapi tidak terlalu signifikan, bagaimana pula hasil pemeriksaan Radiologi? – tidak ibu ceritakan. Namun sekali lagi bahwa dokter mengobati dasar utamanya adalah klinis lalu didukung pemeriksaan penunjang (lab dan Ro).
      Ketika dokter menyarankan untuk opname dengan alasan-alasan yang logis, keputusan untuk mau diopname tetap harus dikembalikan ke pasien/ keluarga. Apabila alasan untuk opname sangat urgen maka ketika ada penolakan maka segala konsekuensi medisnya menjadi tanggung jawab si pasien.
      Semoga mencerahkan.

      • Asti

        Terima kasih untuk tanggapannya dok. Hasil rontgen tulang tidak ada masalah, tp dokternya info kalau pembengkakan terjadi krn ada oksigen yg masuk akibat dari kuman. Tujuan opname agar dokter bisa mengontrol leukosit, beliau jg sempat menyampaikan kalau tidak langsung opname, ada kemungkinan bsk leukosit sudah menjadi 30000, secara psikis saya & suami bener2 panik, apalagi disampaikan juga kemungkinan terjadi pembusukan. Kalau kondisi pada saya yg terlihat hanya pembengkakan di bawah lutut yg menyebabkan jalan agak sakit. Apakah kondisi seperti yg saya jelaskan tadi tidak memungkinkan untuk rawat jalan saja? Krn pertimbangan terbesar adalah saya masih menyusui. Terimakasih

        • Lanjutkan saja obat yang diberikan – termasuk antibiotik, istirahatkan tungkai yang sakit. Jika obatnya hampir habis (sisa sekali minum) coba cek ulang laboratorium “darah rutin” (Hb, Lekosit, trombosit dan hematokrit). Semoga cepat pulih ya.

  26. magdalena

    Dok saya wanita ber usia 20 tahun, hb saya terkadang suka rendah dan saya terkadang merasa pusing dan lemas, leukosit saya tidak pernah normal, leukosit saya selalu di atas normal, paling rendah leukosit saya 11.000 dan tidak pernah di bawah ɪ̣̝̇τ̅ϋ, mohon penjelasannya dok dan saya ini kenapa ya, pemeriksaan apa yang harus saya jalani

    • Hb memiliki nilai rentang tertentu, Hb yang turun di bawah normal masih ditoleransi dengan asupan nutri dan suplemen penambah darah. Sedangkan leukosit bisa juga naik akibat reaksi tubuh terhadap trauma, keletihan atau dehidrasi. Kita harus selalu berangkat dari keluhan klinis (fisik) yang dirasakan sebelum mengecek nilai laboratorium, sayangnya Magdalena tidak mencantumkan awal keluhannya, berapa lama, berapa kali cek lab, berapa nilai hasil labnya dan pernah minum obat apa.

  27. bair

    dok waktu itu saya insomia berat,,saya ke dokter dan saya check darah hasil leukosit saya 12,200,,setelah saya di kasih antibiotik saya 1 bulan check darah lagi dan leukosit saya alhamdulillah turun jadi 9400,hb 16,9 dan hk 48% serta trombosit 285.000

    yg saya tanyakan apakah infeksi ditubuh saya sudah sembuh dan apakah ini bukan penyakit leukemia?
    trima kasih dok

    • 1. sebelum diperiksa lab, dasar pemeriksaan adalah keluhan fisik. Infeksi umumnya ditandai dengan gejala demam/ panas atau keluhan tidak sehat lainnya. Jika keluhan tersebut sudah tidak ada apalagi ditunjang hasil lab dalam batas normal maka tentunya kondisinya sudah bisa dikatakan sehat.
      2. ini bukan penyakit leukemia.

      semoga mencerahkan.

  28. eka

    Assalamualaikum Dok,
    Mau tanya, kemarin saya pergi ke RS karena sudah 6 hari ada keluhan pusing-pusing kepala, susah fokus dan lemas. Lalu saya dicek darah dan urine. Hasil tes urine normal, tapi di tes darah ada yang di atas normal, yaitu HB 15,8 dan leukositnya 10200 (sepuluh ribu dua ratus).
    Saat itu dokter menyarankan banyak minum dan sya diberi vitamin.
    Untuk nilai hb dan leukosit di atas apakah bisa dikatakan wajar dok ?

    Terima kasih.

    • waalaikumsalam, maaf telat balas. leukosit naik sedikit menjadi 10200 bisa juga karena reaksi tubuh saat trauma, capek atau dehidrasi. Hb protein dalam darah yang mengikat oksigen sehingga nilai Hb adalah nilai yang menunjukkan kemampuan darah mengikat oksigen. Ikuti saran dokter anda, namun jika gejala pusing yang dirasakan semakin bertambah hebat mungkin perlu berkonsultasi dengan neurolog. semoga bermanfaat.

  29. dok, sekitar bulan novmber kemarin leukosit saya pernah mencapai 20.000 dan saya akhir nya opname di RS selama 4 hari. yg ingin saya tanyakan adalah apakah ada gejala yang bisa kita sadari atau rasakan jika leukosit naik lagi? krena terakhir ketika leukosit sya naik, panas saya mencapai 40. thx before ^^

    • Keluhan fisik menjadi dasar kita untuk selanjutnya melakukan pemeriksaan penunjang (lab, rontgen dll). hasil lab include lekosit akan menunjang pemeriksaan fisik seperti yg dialami antonia (demam dengan suhu 40 derajat) artinya kenaikan suhu tsb dmungkinan oleh aktifitas kuman yang ditandai dengan kenaikan jumlah lekosit. sebab jika panas saja bisa juga disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan dll.

  30. heny hanifah

    dok,saya mau tanya.
    5 hari yg lalu,saya cek leukosit saya.ternyata jumlahnya sangat tinggi yaitu 16.100
    dan hari ini saya cek lagi,ternyata jumlahnya 12 rbu.
    setiap kali saya cek leukosit saya,selalu tinggi,bahkn pernah sampai 18 ribu,padahal tubuh saya tidak demam

    yang ingin saya tanyakan,apa penyebab leukosit saya meninggi,?

    • dr. H. Amran Arsjad Raga

      yang utama adalah keluhan dan pemeriksaan fisik, sebab laboratorium hanya penunjang. Dasar untuk memeriksa lab adalah adanya keluhan fisik. Lekosit bisa juga meningkat akibat reaksi-reaksi tubuh seperti trauma/ luka, bisa juga meningkat akibat dehidrasi. Tapi jika peningkatannya menetap mungkin Heny perlu berkonsultasi langsung dengan dokter.

  31. Assalamualaikum :)
    Senang sekali rasanya menemukan blog yang bisa ditanyai masalah kesehatan seperti ini, terimakasih Mas Ameq atas kebaikan hatinya berbagi :)
    Begini Mas, sejak bulan Januari lalu saya terus -menerus terserang flu dan batuk. Sejak Januari kira-kira sudah 4 kali flu dan 3 kali batuk. Sejak kecil memang saya punya alergi dingin (kalau dingin sering timbul kaligata, atau sakit dibagian hidung, atau batuk-bersin). Jadi, apakah flu dan batuk yang saya alami terus-menerus itu wajar-wajar saja, atau gejala dari penyakit serius lain? Mohon jawabannya ya Mas, soalnya saya orangnya suka parno, yang ada di otak saya sekarang adalah, “wah, kekebalan tubuh saya kok jelek banget, apa jangan-jangan terserang virus yang menyerang kekebalan tubuh itu (HIV), hiii.” Begitu Mas, jujur ini sangat mengganggu pikiran saya, padahal saya tidak pernah dekat dari hal-hal yang bisa menyebabkan terjangkit HIV itu. Tapi begitulah, saya parno. T___T Mohon pencerahannya Mas.
    Terimakasih banyak :)

    • dr. H. Amran Arsjad Raga

      Kalo ada riwayat alergi maka cenderung ke sana diagnosisnya. Antisipasi faktor pencetus alergi, wajib dihindari.
      Kalau ada batuk berdahak lebih 2 minggu dan tdk sembuh meski sudah berobat (antibiotik) apalagi kalau dahaknya kental kehijauan/ kuning maka sebaiknya konfirmasi foto rontgen saja dulu.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • Terimakasih jawabannya pak dokter :D
        Di bulan Februari saya memang pernah batuk berdahak sampai 4 minggu, dahaknya bening, kadang kuning, nafas sampai bunyi, padahal dari minggu ke-dua sudah diberi antibiotik Cefat oleh dokter.. Tapi sekarang sudah sembuh. Di bulan Agustus 2011 pernah rontgen, dokter yang lihat hasilnya bilang cuma alergi. Apa saya harus rontgen lagi dok? Perlu periksa darah atau tidak?
        Terimakasih banyak :)

  32. citra

    kemarin saya demam tinggi terus pergi ke dokter cek darah leukosit saya tinggi yaitu 12.200 saya di beri antibiotik panas turun tetapi pas cek darah ke dua kalinya leukositnya naik malah 12.400 saya dikasi lagi antibiotik sekarang g cek darah lagi kira2 kenapa ya??dokter bilang gejala types soalnya disertai mencret….tapi sya sgt takuut tolong dijawab ya..pls,,,

    • Amran Arsjad Raga

      sayangnya Citra tidak menuliskan berapa hari minum obat dan nama antibiotikanya apa? …panas bisa turun justru akibat obat penurun panas, leukosit bisa tetap atau naik sedikit karena dalam proses kerja antibiotika tidak langsung turun drastis. Konsumsi antibiotik tidak boleh terputus minimal 4-5 hari. Selain itu beberapa jenis antibiotika bisa sensitif dan bisa juga resisten (kebal) bagi tubuh kita.
      Pemeriksaan lain kadang-kadang perlu dilakukan sebagai lanjutan pemeriksaan selain darah lengkap, yaitu bisa widal tes untuk Tipoid, SGOT/SGPT untuk fungsi hati dan urine lengkap untuk melacak kecurigaan infeksi saluran kemih, sebab gejala panas dan leukosit tinggi adalah gejala yang sangat umum untuk beberapa macam penyakit infeksi.

  33. pratama

    asalamualaikum.
    saya mau tnya.
    ini mengenai penyakit saya.

    sudahlama saya merasakn nyeri pada testis sebelah kanan saya.
    pada saat tersa nyeri testis sebelah kanan seperti naik ke atas.
    dan terdapat seperti urat yg melingkar….
    pinggang sebelah kanan juga terasa sakit.
    |apakah berhububgn ?
    dan bisa d sembuhkan dengn cara apa?
    jika ada yg dengn alami/tradisional tolong beri kan jawaban….?

    trimakasih sebelumnya…….
    tolong balas ke email saya
    gie.lord@yahoo.com

    • el_ameq

      Waalaikumsalam, maaf baru sempat membalas,
      berdasarkan keluhan yang ditulis lebih mengarah ke gangguan yang dikenal dengan istilah Torsio Testis.
      Torsio Testis adalah gangguan fisik dimana jaringan penggantung testis memuntir sehingga menyerupai tali yang terlilit. Rasa nyeri yang ditimbulkan bisa menjalar ke pinggang (referred pain) karena aliran saraf yang sama.
      Sejauh ini penanganan Torsio Testis masih dilakukan oleh dokter bedah (bedah umum atau bedah urologi), dengan memutar balik puntiran lalu memfiksasi (mengikat/ menjahit) agar tidak lagi memuntir kembali.
      Semoga mencerahkan.

  34. oka

    bagaimana kalau jumlah leukosit 12500/ul apakah masih bisa d bilang normal? makasih

    • el_ameq

      @Oka : nilai leukosit 12.500 berada di atas normal (10.000), sedikit kenaikan seperti ini biasanya menunjukkan ada infeksi di dalam tubuh oleh bakteri apalagi jika secara klinis disertai dengan kenaikan suhu tubuh (demam). Apabila nilai di atas normal ini menetap dan atau tidak disertai dengan demam maka bisa saja ada keadaan lain yang menjadi penyebab termasuk bisa karena ada kelainan di Leukosit itu sendiri. Sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter (baik dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam – konsultan hematologi) untuk penelusuran lebih mendalam.

  35. fitry asviana

    saya mau tanya
    saya seorang penderita tonsilitis kronis anemia dan juga kolisistitis
    kemarin saya melakukan tes darah
    dan hasilnya
    lekosit saya jauh melampaui nilai normal
    yaitu 181.100
    apa kemungkinan besar saya dapat terkena leukemia??

    • el_ameq

      saya kurang paham dengan maksud diagnosa yang anda sebutkan (tonsilitis kronis anemia dan kolisistitis) itu berdasarkan pemeriksaan dokter ato cuma dari referensi yang pernah anda baca?
      tapi secara laboratoris nilai lekosit yang anda cantumkan terbilang cukup tinggi, bahkan untuk keadaan infeksi akut biasanya kenaikan lekosit berkisar 15 ribu sampai 20 ribu saja. Angka 180 ribuan harusnya mendapat perhatian yang lebih serius, paling tidak harus dilakukan pengecekan ulang setelah dilakukan pengobatan atas kecurigaan adanya infeksi. Maka apabila lekositnya masih tetap cenderung tinggi sebaiknya anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi dan Onkologi Medik (SpPD – KHOM). Demikian saran saya.

  36. ameq

    @Lala Jalaludin:
    sungguh menyenangkan jika memiliki anak bayi, sama menyenangkan dengan merawat bayi meskipun bukan anak sendiri.
    Potensi infeksi (terutama tetanus) pada bayi baru lahir adalah pada luka tali pusar. Penanganan luka ini cukup simpel dengan cara sesering mungkin mengganti pembungkus lukanya minimal sekali sehari dan menjaga agar tetap kering.
    Tali pusar harus ditunggu sampai puput (rontok) sendiri, jangan sekali-kali berusaha melepaskan dari kulit dasarnya karena sangat beresiko. Jika pusar ini puput sendiri umumnya jaringan dasarnya sudah kering tetapi adakalanya karena tanpa sengaja tali pusar yang belum puput tadi tersenggol sehingga lepas maka bisa saja meninggalkan bekas yang masih basah.
    Menghadapi bekas luka yang masih basah sama saja seperti menangani pembersihan tali pusar yng belum rontok yaitu dengan membersihkan secara teratur dan menjaga agar tetap kering, gunakan bahan desinfektan saat membersihkan. Di pasaran sudah banyak dijual swab alkohol (semacam tissue alkohol) yang dapat digunakan untuk perawatan tali pusar, selama bekas tali pusar masih basah jagalah jangan sampai terkontaminasi bahan lain -seperti bedak, lotion dsb- selain bahan desinfektan.
    Semoga berkenan.

  37. Lala jalaludin

    Sy mo nanya kalau setelah sisa udelnya putus namun masih ada darah yg keluar, apa yg mesti sy lakukan? Trims

  38. ameq

    @Nita :
    lecet, jerawat, sengatan matahari bisa dikategorikan sebagai luka jika terjadi diskontinuitas (terputus) jaringan. Jika lukanya terbuka maka penyembuhannya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berinteraksi dengan bagian tubuh selama terjadinya luka. Oleh sebab itu penanganan luka tentunya sangat mempengaruhi progresifitas penyembuhan. Selain itu luas dan kedalaman luka serta zat-zat yang memapar luka tersebut turut mempengaruhi lama atau tidaknya penyembuhan. Jika lukanya dalam dan tidak dijahit tentu butuh waktu yang lebih lama bahkan resiko terpapar bakteri juga menjadi lebih besar. Perawatan luka yang rutin diperlukan untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder. Jika penanganan dan perawatan luka dilakukan dengan baik maka bekas lukapun bisa diminimalisir.
    Jika bekas luka yang dimaksud Nita adalah kulit yang berlubang atau berbentuk keloid (jaringan tumbuh karena penderita memiliki bakat keloid) maka tentunya butuh intervensi dari dokter spesialis kulit atau spesialis bedah plastik.
    Jika bekas luka yang maksud adalah bekas luka yang menimbulkan warna lebih gelap di kulit maka perawatannya cukup dengan memakai krim kulit yang bersifat lightening (dapat dibeli bebas). Namun hati-hati juga memilih produk perawatan kulit tanpa rekomendasi dari dokter sebab bisa saja produk-produk tersebut malah menimbulkan masalah baru bagi kulit apabila kulit kita sensitif.
    Semoga berkenan, Salam.

  39. nita

    bagaimana menghilangkan bekas luka karena jatuh ,jerawat dan sengatan matahari

    • merina

      saya mau nanya .. hasil lab menunjukan leukosit saya 2600 dan saya sering pusing keliyeng dan wjah saya sering terlihat pucat .. apakah ada msalah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s