PHIMOSIS

Phimosis atau Fimosis adalah keadaan dimana kulit ujung penis yang belum dikhitan ( kulup ) tidak dapat ditarik mundur sehingga kepala penis tidak dapat menyembul keluar. Pada umumnya, keadaan ini tidak berbahaya dan dapat dibiarkan sampai anak masuk usia untuk dikhitan (sirkumsisi). Namun di kondisi lainnya, anak dapat mengalami kesulitan untuk buang air kecil (mictie) sehingga akan merasa kesakitan yang luar biasa terutama saat berkemih.

pic taken from wikipedia**taken from Wikipedia

Fimosis bisa terjadi karena ukuran diameter lubang kulup saat meregang masih terlalu kecil untuk bisa dilewati oleh kepala penis selain itu dinding sebelah dalam dari kulup ini bisa juga mengalami perlengketan dengan kepala penis akibat produksi zat yang disebut smegma-bentuknya seperti nasi yang hancur dan diproduksi oleh kelenjar keringat di seputar leher penis yang masih tertutup kulup.

Selama anak tidak merasakan adanya keluhan maka keadaan ini tidak menjadi urgen untuk dilakukan tindakan medis. Sebaliknya seorang anak akan mengeluh susah buang air kecil atau kesakitan saat buang air kecil maka tindakan yang dianjurkan adalah segera dilakukan khitan (sirkumsisi). Tindakan sirkumsisi adalah membuang kulit kulup yang menutupi kepala penis (gland) sehingga setelah kulit tersebut dibuang maka buang air kecil akan lancar karena ujung uretra di ujung kepala penis dapat langsung menghadap bebas keluar, urine yang keluar melewati uretra tidak lagi terperangkap di bawah kulit dan tentunya penis menjadi lebih mudah untuk dibersihkan. Namun tindakan sirkumsisi harus dipersiapkan dengan hati-hati, kontraindikasi harus disingkirkan sebelum dimulai tindakan tersebut.

Phimosis memiliki keluhan yang hampir sama dan didiagnosis banding dengan Striktur uretra dan hipospadia. (dr.Amran)

4 Komentar

Filed under Kongenital

4 responses to “PHIMOSIS

  1. Fransisca Verawaty

    Sorry Aku hampir lupa katakan bahwa Sobat Priaku itu juga bisa obati Fimosis terutama pada Remaja tanpa Sunat jadi segera kalian hubungi Aku via email jika ingin di bantu Sobat Priaku.

    • Vjay

      aku dah sunat tapi kepingin kembalikan kulupku agar seperti dulu lagi, bisa gak ya….soalnya memang kulit kulupku hanya dipotong setengahnya.

  2. Fransisca Verawaty

    mengatakan: Adakah para cowok yg mau sunat tapi malas atau takut apapun alasannya ?
    Jika ada sekarang kalian semua baik Anak kecil,ABG,Remaja sampai Orangtua jangan repot-repot di sunat dgn potong Kulup(TiTit)kebanggaan kalian yg indah karena sangat kebetulan sobat lakiku ahli”permak”Kulup tanpa lukai apalagi potong Titit bertarif sangat murah bahkan dulu pernah ada pasien sangat miskin di tolongnya secara sukarela(bayar seikhlasnya atau Gratis).Jika kalian serius silakan minta info alamat email & No.HPnya via PM atau emailku: fransisca_verawaty@ceweq.com sambil sebutkan data kalian: Nama,alamat,Umur,No.HP,email(rahasia terjamin). Penawaran pada calon pasien”Permak”Kulup lebih di utamakan dari wilayah : Banten,Jabotabek,Cirebon,Bandung,Tasikmalaya,Semarang & Jogja.Berlaku bagi agama apapun.Aku & Pemermak Kulup ini sesama Islam.”permak”Kulup sangat sesuai dgn syariat Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s